Minggu, 29 Juli 2012

Apakah Keseluruhan Kesuksesan Karir SISTAR Dimanipulasi?



Sebuah program baru-baru ini di televisi Korea mendiskuksikan masalah tentang buying back (‘membeli kembali’) mp3 di industri musik, maupun teknik yang digunakan perusahaan untuk mendorong kesempatan artis-artis mereka mendapatkan peringkat #1 melalui metode ini.
Orang dalam di industri musik diwawancarai oleh SBS, dan menjelaskan bagaimana cara ‘membeli kembali’ tanpa cemas akan ketahuan. Dia berkata bahwa ini cukup lazim dilakukan akhir-akhir ini dan meraih peringkat #1 dengan melakukan ini amat sangat mungkin. Agar tidak terlalu kelihatan, hal itu dilakukan secara bertahap agar tidak menarik perhatian. “Ini mungkin bagi rookies untuk naik 50 peringkat bila dilakukan secara benar“, dia melanjutkan. Untuk rilis berikutnya, idealnya melakukan buy back (‘membeli kembali’) cukup untuk membuat mereka (artis-red) naik 30 ranking di tangga lagu. Dia berkata bahwa di antara grup-grup yang mendapatkan peringkat #1 , ada beberapa yang melakukan buying back (‘membeli kembali’).
Dia juga memberikan beberapa kisah tersirat dari seorang artis yang telah ‘membeli kembali’ lagu-lagu mereka untuk mencapai peringkat # 1.
Netizens yang menonton acara ini menerapkan informasi yang diberikan oleh orang dalam tersebut ke berbagai artis, termasuk SISTAR, dan menemukan beberapa hasil mengejutkan.
Orang dalam tersebut berkata bahwa metode buying back (‘membeli kembali’) bermula di Februari 2010, dan SISTAR debut hanya beberapa bulan kemudian. SISTAR mengikuti metode yang dia (orang dalam tersebut) bicarakan dengan ‘membeli kembali’ perlahan-lahan lagu-lagu mereka seperti “Push, Push” dan kemudian menggenjot volume pembelian dengan “How Dare You” yang meraih peringkat #1.
Namun, beberapa (orang) mengatakan bahwa SISTAR tidak terampil dalam melakukan buy back mereka, khususnya terlihat pada lagu “Alone”. Itu menarik perhatian dan kecurigaan karena lagu tersebut meraih peringkat #1 di Melon tanpa bergerak sama sekali di ranking real-time, dari siang ke malam tanpa jatuh sama sekali, sebuah sejarah pertama yang bahkan mega-hit seperti lagu IU,  “Good Day” atau “You & I” belum pernah mengalaminya.
“Alone” menempati peringkat #1 di tangga lagu Melon setiap hari dan malam tanpa ada gangguan atau perubahan. Ini adalah pertama dalam sejarah Melon, layanan service download musik Korea yang terbesar dan paling sering digunakan, dan menarik banyak perhatian dan kecurigaan. Bahkan idola besar dengan mega-hit seperti IU dengan lagu “Good Day” miliknya, belum pernah melakukan hal itu.
Mereka (SISTAR-red) juga selalu menempati peringkat pertama di lagu yang paling banyak dicari selama kurun waktu hampir sebulan. Dan sejak distributor resmi SISTAR menjadi LOEN, (lagu) mereka selalu berada sebagai recommended track selama 2 hari, sesuatu yang langka bagi banyak artis. Netizens juga menunjuk produser SISTAR untuk sebagian besar hits mereka, Brave Brothers, yang telah berulang kali mendapat kecaman karena memanipulasi tangga lagu dengan artisnya, sebagai bukti melakukan buyback.
Source: mlbpark
Trans: girlsday via omonatheydidnt
cre + shared by: lollichocho @ Koreanindo
shr :: asianachademy 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar