Korea Creative Content Agency (KOCCA) baru3 ini mlaporkan sebuah kenyataan yang tidak nyaman mengenai distribusi keuntungan yang mereka berkuasa tampaknya mengabaikan.
Menurutlaporan mereka, pasar musik Korea sedang berkebang lebih cepat dari apapun.
Ukuran industri musik di tahun 2010 mencatat $3,028,900,000, ebuah peningkatan 12.7% dari 2009, dimana industri mencatat Namun, meskipun ukuran berkembang lebih besar, artis2 masih tertinggal dengan pringan kosong.
Kenapa begitu?
Choi Sung Hwan, Seorang peneliti dari Yu Hwa Securities Co., mengungkapkan investigasinya dan menemukan untk tiap lagu yang di download 46% dari keuntungan di distribusikan untuk agensi, 9% dari komposer dan lyricist, dan hanya 5% untuk penyanyi sebenarnya.
Untuk situs2 musik seperti MelOn, dimana mereka menawarkan 150 lagu untuk $11 USD sebulan, pada dasarnya tiap lagu sebesar 73 cents. Per download, artis hanya menerima 4 sen per lagu, itulah uraian “piring kosong” .
Source: Sisain via Naver
credit: Allkpop
Indo tras: yeppopo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar