Senin, 27 Juni 2011

Mengapa Selebritas Korea Sering Bunuh Diri?


Unee,Jung Da Bin,Lee Eun Joo,Woo Seung Yoon,Kim Ji Hoo,Jang Ja Yeon,Park Yong Hwa, de el el... itulah sederetan nama selebritas Korea yang mengakhiri hidupnya dengan sia-sia...
lalu terbersit di pikiran kita, apa yang mendorong selebritas Korea begitu mudah mencabut nyawa mereka sendiri?
Percaya atau tidak, negara Korea ternyata memiliki tingkat bunuh diri tertinggi di dunia. Organization for Economic Cooperation and Development mencatat, 21 dari 100 ribu orang Korea melakukan bunuh diri — melewati batas normal yaitu 11.
Hwang Sang-Min, seorang psikolog dari Universitas Yonsei, mengungkapkan bahwa orang Korea cenderung membentuk identitas mereka sesuai pandangan orang lain terhadap dirinya. Selain itu, mereka juga memiliki konsep Han — yaitu bersikap diam dan berusaha tabah walau dalam keadaan marah.

Pekerjaan sebagai selebritas yang sangat lekat dengan urusan pencitraan (alias tergantung pada popularitas) membuat konsep Han jadi amat berat dilaksanakan. Terutama bila mereka sedang menghadapi situasi yang buruk.
Karena selebritas tidak lagi mampu menunjukkan citra baik dan tenang, mereka cenderung frustrasi, menyerah, dan mengambil pilihan drastis — salah satunya adalah bunuh diri.
Faktor lain yang juga berpengaruh dalam tingginya tingkat bunuh diri di kalangan selebritas Korea adalah kurangnya program konseling. Budaya Korea yang cenderung tertutup juga membuat para selebritas itu malu jika ketahuan publik saat pergi ke konseling atau sedang mengalami depresi.
Selain itu, faktor agama rupanya juga memegang peran. Hampir setengah penduduk Korea tidak memiliki agama, sehingga ketika mereka mengalami depresi, penghargaan terhadap nilai kehidupan pun rendah.
Kepercayaan akan konsep reinkarnasi juga membuat orang Korea terdorong untuk mengakhiri hidup mereka dan menjalani kehidupan baru yang mungkin lebih baik dari sekarang.
Yang mengkhawatirkan, banyaknya kasus bunuh diri di kalangan selebritas menimbulkan kecenderungan serupa di kalangan penggemar mereka. Sejak kematian aktris Lee Eun-Ju pada 2005, tingkat bunuh diri dikabarkan mengalami peningkatan cukup signifikan.
Oh Kangsub, seorang psikiater di RS Kanbuk Samsung mengatakan, “Ketika seorang selebritas bunuh diri, penggemar mereka akan mengikuti aksi sang idola.”
Sebagai langkah antisipasi, kabarnya saat ini pemerintah Korea sedang gencar menggalakkan program konseling di banyak rumah sakit untuk membantu para warga yang sedang depresi.

Haaah~ sedih juga mendengar kabar seorang artis yang lagi naik daun eh~ tiba-tiba bunuh diri gara-gara suatu hal yang menurutnya sudah tak bisa ia lakukan lagi alias pasrah.

Semoga antisipasi itu bisa berjalan dengan lancar dan di tahun 2011 ini tidak ada lagi berita mengenai meninggalnya artis Korea karena bunuh diri. Amiiinn!!


S : klikunik.com

cre :: http://she-trees.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar