Rabu, 26 Januari 2011

Daftar Hari Libur di Jepang

DiJepang ada 15 hari raya yang telah di tentukan oleh Negara. Sekolah, kantor pemerintahan dan sebagian perusahaan diliburkan, tetapi pasar dan tempat perbelanjaan sama seperti hari minggu tetap buka. Berikut adalah daftar hari libur nasional di Jepang (dikutip dari: http://www.clair.or.jp/tagengorev/id/o/02-1.html#2-1)

Libur hari raya Nasional
1 Januari: Hari pertama tahun baru – Merayakan tahun baru
Januari minggu ke 2 hari Senin: Hari orang dewasa – 成人の日 (Seijin no hi) Coming of Age Day – Menyadarkan kalau sudah menjadi orang dewasa(umur 20 tahun),dan bertanggung jawab menjadi anggota masyarakat.
11 Februari: Hari berdirinya Negara Jepang -Membangun Negara dan memperdalamkan jiwa cinta terhadap negara
20 Maret (tergantung tahun) : Hari waktu yang sama lamanya dengan waktu malam hari di musim Semi - Menghargai kemurnian alam,dan pentingnya mahluk hidup.
29 April : Hari peringatan zaman Showa – Melalui hari-hari yang menggemparkan, mengingatkan kembali pencapaian pembangunan masa Showa dan membangun masa depan Negara.
3 Mei : Hari berdirinya UUD - Peringatan berdirinya UUD diJepang, mengharapkan kemajuan Negara.
4 Mei : Hari penghijauan - Bersyukur atas anugrah kemurnian yang diberikan.
5 Mei : Hari anak - Bersyukur atas pertumbuhan anak dan mengharapkan kesejahteraan anak,rasa terima kasih diberikan untuk Ibu.
Juli, minggu ke 3 hari Senin : Hari kelautan – Bersyukur atas kekayaan alam dan merharapkan kemakmuran lautan Jepang.
September,minggu ke 3 hari Senin : Hari penghormatan orang lanjut usia - Menghormati dan mencintai orang lanjut usia yang telah melewati beberapa tahun dan membangun lingkungan sosial dan juga mengharapkan panjang umur.
23 September (tergantung tahun) : Waktu siang dan malam sama lamanya,pada musim gugur – Menghormati nenek moyang,berdoa untuk orang yang telah meninggal
Oktober,minggu ke 2 hari Senin : Hari Olahraga – 体育の日 (Taiiku no hi) – Merayakan olahraga,meningkatkan kesehatan badan.
3 November : Hari kebudayaan - 文化の日 (Bunka no hi) - Mencintai perdamaian dan kebebasan, memajukan kebudayaan
23 Desember : Hari ulang tahun Kaisar – 天皇誕生日 (Tennō tanjobi) – Merayakan hari ulang tahun Kaisar.

Selain ada libur resmi, ada juga libur tidak resmi yang bukan tanggal merah tetapi sekolah dan sebagian kantor diliburkan.

Libur Tidak Resmi

Selain hari libur resmi yang ditetapkan pemerintah, Jepang juga memiliki tradisi liburan tidak resmi. (Sumber: Wikipredia)

  • Libur Golden Week: Golden Week adalah pekan di akhir bulan April dan awal bulan Mei yang secara kebetulan ada 4 hari libur resmi yang hampir berurutan (29 April, 3 Mei, 4 Mei, dan 5 Mei). Sebagian besar kantor-kantor memutuskan untuk meliburkan pegawainya selama periode Golden Week.
  • Libur Obon: Libur Obon (盆休み Obon yasumi) adalah hari-hari libur tidak resmi sebelum dan sesudah tanggal 15 Agustus. Walaupun perayaan Obon tidak merupakan hari libur resmi, perusahaan dan pemilik usaha sering meliburkan diri selama beberapa hari (13-16 Agustus) atau hingga satu minggu. Libur Obon digunakan untuk berziarah ke makam dan berkumpul dengan sanak keluarga di kampung halaman. Kantor pemerintah tetap buka seperti biasa, walaupun sebagian besar pegawai meminta cuti untuk merayakan Obon.
  • Libur Tahun Baru Jepang: Libur Tahun Baru Jepang (お正月 Oshogatsu yasumi) adalah kesempatan pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan sanak keluarga untuk merayakan hari Tahun Baru. Liburan tahun baru lamanya berbeda-beda tergantung pada kebijaksanaan masing-masing kantor. Kantor-kantor pemerintahan dan swasta biasanya tutup sejak menjelang akhir tahun (29 Desember atau 30 Desember) hingga beberapa hari sesudah Tahun Baru.
cre :: http://emang.wordpress.com/2010/02/02/daftar-hari-libur-di-jepang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar