Selasa, 27 Juli 2010

*Pengemar Masakan Asia*


Dari Masakan Jepang Hingga Vietnam

Asia tak hanya terkenal dengan keragaman budaya dan keindahan alamnya. Asia juga dikenal memiliki kekayaan resep kuliner yang beragam. Masakan resep Asia terkenal dengan cita rasanya yang khas dengan bumbu resep aneka rempah segar. Dalam liputan kali ini, info kuliner memberikan beberapa referensi restoran yang menyajikan berbagai menu khas asia dengan rasa yang top .

Hidangan oriental biasanya identik dengan masakan China atau Jepang yang memang sudah menjadi masakan favorit bertaraf internasional. Tapi sebenarnya masih banyak jenis masakan resep Asia lain yang tak kalah hebatnya dengan resep masakan China, meskipun jika bicara soal popularitas masih belum dapat disetarakan dengan resep masakan Jepang.

Bagi Anda yang senang berwisata kuliner, tidak ada salahnya jika ingin merasakan berbagai hidangan resep khas ala negara di asia. Selain menambah wawasan tentang kuliner negara lain juga dapat memperkaya perbendaharaan rasa. Kali ini ulasan tentang hidangan oriental tak hanya sebatas China dan Jepang saja, negara asia lainnya seperti India, Vietnam dan Tahiland pun akan turut menyemarakkan ulasan info kuliner kali ini. Jadi tunggu apalagi, lets start the journey...

Resep Masakan Malaysia
Dimulai dari malaysia yang merupakan negara terdekat dari indonesia. Di daerah Pluit Jakarta Utara terdapat Penang Restaurant yang menyediakan beraneka resep masakan Malaysia mulai dari resep hidangan Malaysia Klasik hingga resep hidangan Malaysia modern. Citarasa melayu yang disajikan oleh Penang Restaurant disambut positif pengunjungnya, dengan menu nasi lemak sambal sotong-nya yang sangat nikmat sehingga tak heran jika restoran ini selalu penuh bahkan waiting list jika jam makan siang tiba.

Resep Masakan Jepang
Dari Malaysia kita beralih ke Jepang, Restaurant Caza Suki yang berada di Kebon Sirih, Jakarta Pusat terkenal dengan resep shabu-shabu dan BBQ-nya. Shabu-shabu ala Caza Suki mempunyai rasa resep yang berbeda dari tempat lainnya. Resep kuah kaldu yang digunakan untuk merebus sayuran dan daging terasa sangat gurih, namun tidak berlebihan. Ada pula berbagai jenis seafood segar seperti ikan gindara, cumi dan crabs yang juga sangat menggoda untuk dinikmati dengan cara dibakar. Nilai tambah Caza Suki lainnya adalah adanya penggunaan resep daun ginseng sebagai salah satu jenis sayuran untuk shabu-shabu. Yang dapat menghangatkan tubuh Anda setelah menyantap hidangan ini.

Resep Masakan India

Berbeda dengan Jepang yang banyak menampilkan menu resep seafood, masakan india tampil dengan ciri khas resep daging kambing, rasa kari dan daun ketumbar. Berbagai resep hidangan India yang exotic tersedia di restaurant Queen's Tandoor yang terletak di Plaza Permata Jakarta Pusat. Resep hindangan Mutton Handi yang berisi daging kambing mencerminkan citarasa India yang sangat otentik dan menggugah selera. Meskipun begitu, semua resep hidangan di Queen's Tandoor masih tetap dapat dinikmati oleh semua kalangan karena telah disesuaikan dengan selera umum. Semua resep bahan baku terutama resep bumbu yang digunakan di Queen's Tandoor khusus dipesan dari Singapura agar mendapat citarasa India yang khas.

Resep Masakan Vietnam
Vietnam pun tak mau kalah dengan negara Asia lainnya. Tampil dengan menu resep andalan Pho Bo yaitu sejenis mie yang diberi kuah dengan irisan tipis daging sapi seperti daging ala shabu-shabu. Restaurant Vietopia yang berada di daerah Cikini ini mencoba mengajak para pencinta kuliner untuk merasakan alternatif baru resep masakan Asia. Pho Bo yang didominasi resep rasa kaldu sapi yang kantal dan harum rempah yang menyegarkan, membuat resep hidangan ini sukses meninggalkan kesan tersendiri bagi penggemarnya.

Resep Masakan Thailand

Lanjut ke Thailand yang terkenal sebagai negeri gajah putih. Di daerah Wijaya, kebayoran baru, Jakarta Selatan terdapat restoran The Champa yang menyediakan berbagai resep hidangan khas Asia termasuk Thailand. Arsitektur the Champa yang menarik menjadi nilai tambah yang sangat memikat. Desainnya yang unik banyak menjadi buah bibir di kalangan konsumen. Citarasa resep masakannya pun tak mau kalah, Pla Lad Prik yang merupakan masakan khas resep Thailand hadir dengan rasa yang menggoda dan menggoyang lidah. Dibuat dari ikan kerapu yang digoreng dan disiram dengan campuran bumbu mirip sambal yang sedemikian rupa dan menggunakan Fish Sauce sehingga menimbulkan rasa asam khas masakan Thailand.

Resep Masakan Korea
Ingin menikmati sajian resep Korea yang otentik seperti di negeri asalnya? Anda bisa mengunjungi Han Gang Restaurant di jalan wolter Mongisidi, Jakarta Selatan. Sajian menu resep andalan asal Korea selatan seperti Jab Che dan Kalbi Gui mampu memikat pengunjung baik dari warga Korea yang ada di Jakarta, maupun masyarakat umum hingga kalangan pejabat. Bahan baku sayurannya menggunakan sayuran organik yang menjamin kualitas masakan, begitu pula sebagian bahan baku didatangkan dari Korea.

by:http://forum.bncc.net/index.php?topic=3185.0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar