Minggu, 01 Agustus 2010

*Baju Adat Korea*

Hanbok

hangul : 한복
hanja : 韓服

Sedangkan hanbok merupakan baju tradisional Korea Selatan yg merupakan simbol kebudayaan Korea Selatan. Saat ini, hanbok yg digunakan memiliki corak bernuansa confusian yg merupakan warisan dari dinasti Joseon (1392 -1910).








Pada masa dinasti Joseon, hanbok terdiri atas beberapa jenis, tergantung dari penggunaannya, seperti hanbok untuk sehari-hari di kerajaan, hanbok untuk festival serta ada pula hanbok untuk hari ulang tahun anak pertama. Keindahan dari hanbok dapat kita temukan pada harmoni dari warna yg tegas dan garis yg sederhana. Hanbok wanita yg disebut dengan istilah chima-jeogori ini terdiri dari rok panjang dan jaket. Sedangkan untuk bagian dari hanbok secara umum adalah :

Jeogori
Merupakan bagian atas dari hanbok. Jeogori untuk pria lebih besar dan sederhana. Sedangkan jeogori untuk wanita lebih pendek dan memiliki garis tepi sebagai hiasan.

Dongjeong
Merupakan kerah putih yang terdapat disepanjang garis leher. Kerah tersebut membuat potongan kerah secara keseluruhan menjadi lebih kontras dan harmonis.

Otgoreum
Merupakan ornamen yang tergantung vertikal pada bagian depan chima.

Baerae
Merupakan garis terbawah dari lengan jeogori atau magoja (jaket luar). Dengan bentuk garis melingkar yang membentuk kurva, serupa dengan garis yang terdapat pada bagian atap rumah tradisional Korea.

Chima
Merupakan bagian luar rok wanita. Ada beberapa bentuk chima : single-layered, double-layered dan quilted. Pul-chima adalah chima dengan potongan punggung terpisah, sedangkan tong-chima memiliki pelipit pada bagian punggungnya.

Pola
Pola tradisional hanbok memiliki kombinasi garis anggun dan warna yang menampilkan keindahan dari hanbok tersebut. Misalnya bentuk pola hewan, tumbuhan, dan pola alam lainnya ditambahkan pada pinggiran rok, maupun pada bagian luar dari kerah disekitar bahu.

Beoseon
Merupakan sepasang kaos kaki. Bentuk dari beoseon sebenarnya tidak merefleksikan perbedan gender penggunanya, baik pria maupun wanita. Hanya saja beoseon pria memiliki pelipit lurus.

Lalu, sedikit kembali ke masa silam. Pada masa hanbok tradisional dan kuno, terdapat beberapa istilah untuk jenis hanbok . Berikut beberapa istilahnya :

Gonryongpo : pakaian raja
Hongryongpo : pakaian raja sehari-hari
Hwangryongpo : pakaian raja sehari-hari. Raja Gojong biasanya memakai pakaian ini.
Hwangwonsam : pakaian ratu sehari-hari
Gwanbok : pakaian pegawai kerajaan yang pertama kali dipakai sejak zaman kerajaan Silla yg telah 4x diubah yakni pada abad ke-11, 14, 16 dan 17. Lalu sempat berganti nama pada akhir abad ke18 menjadi Heuk danryeongpo, Geumgwan Jobok dan Sibok.

Dan terakhir hanbok untuk pria bangsawan pada masa itu juga punya banyak istilah, seperti Waryeonggwan dan Hakchangeui pada tahun 1863, Bokgeon dan Simeui pada tahun 1880 serta Bokgeon hitam dan dopo biru pada tahun 1880.

Sebagai tambahan. Di Korea Utara, pakan tradisionalnya juga berupa hanbok, tapi dikenal dgn istilah Chosŏn-ot (조선옷 / 朝鮮옷).

Oke deh, segitu aja yg bisa aq sampaikan. aq juga baru cari2 tau sih ttg 2 istilah ini krn aq penasaran pengen tau lebih banyak . . hehehe . . Sebagai bonus, mari kita cuci mata melalui beberapa foto para girlband dan boyband dgn hanbok berikut ! ^^



GIRLBAND (WG, SNSD, KARA, BEG, See-Ya)



BOYBAND (SS501, SUJU, DBSK, SHINee, FT Island, 2PM)


cr:korean highlight

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar